Jumat, 16 Desember 2016

Kemegahan Masjid Islamic Center Lombok

Jika anda berkunjung atau liburan ke pulau Lombok sempatkanlah untuk mampir di Masjid Islamic Center NTB. karena masjid megah ini adalah induk dari ribuan masjid yang ada di pulau Lombok.
Dua tahun berturut-turut (2015-2016), Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi pemenang di ajang World Halal Tourism Award (WHTA) yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Hal ini terkait dengan  keindahan wisata alam yang sudah mendapat tempat di hati para traveler.

Tak melulu soal pantai yang indah, Lombok juga memiliki destinasi-destinasi wisata religi sesuai dengan julukannya, yaitu Pulau Seribu Masjid. Dengan mayoritas agama Islam di Lombok, tidak heran jika banyak terbentang Masjid masjid besar maupun kecil di sekitaran jalan di pulau ini.

Pulau Lombok terkenal dengan julukan Pulau 1000 Masjid. Julukan ini disematkan karena pulau kecil seluas 5.435 km² ini memiliki 4.500 masjid di 598 desa dan kelurahan di Pulau Lombok. Ini tidak lepas dari tingginya semangat masyarakat Muslim Lombok untuk membangun masjid sehingga dalam satu desa bisa dibangun lebih dari satu masjid. Masyarakat dan pemerintah pun berlomba-lomba untuk membangun masjid yang paling besar dan paling indah. sebagai contoh Masjid Islamic Center Lombok adalah induk dari segala masjid yang ada di pulau lombok. Islamic Center Mataram mulai dibangun sejak masa kepemimpinan gubernur M. Zainul Majdi, rencana tersebut terealisasi pada tahun 2011 dan diresmikan pada 15 Desember 2013. Dengan dana pembangunan bersumber dari APBD dan dana CSR PT. Newmont. Dibangun di atas lahan seluas 7,6 hektar di sudut jalan Langko dan Udayana yang merupakan jalur utama, dibangun begitu megah dengan memadukan karakteristik bangunan tradisional Lombok dan Sumbawa.

Bangunan Islamic Center ini dilengkapi dengan menara setinggi 99 meter sesuai dengan 99 nama nama Allah (Asma’ul Husna). Begitu cantik dan megah, Masjid ini juga memiliki bentuk ciri khas motif batik Sasambo di kubah masjid yang merupakan motif batik khas di Provinsi NTB.

Selain sebagai penanda Kota Mataram, Islamic Center Mataram ini berfungsi sebagai pusat kebudayaan, wisata religi, pasar seni, dan aktivitas religius lainnya. Dalam upaya mempromosikan wisata religi yang berpusat di Islamic Center ini, pemerintah setempat mensinergikan sumber daya setempat termasuk memberdayakan para perajin garmen dan kayu cukli yang merupakan produk kerajinan unggulan di Kota Mataram agar mereka membuat berbagai pernak-pernik bertemakan Islamic Center.
Kerajinan khas daerah ini di antaranya,  gantungan kunci, pulpen, baju kaus bergambar Islamic Center, batik sasak samawa mbojo (sasambo) bermotif Islamic Center, serta aksesoris lainnya.

Masjid Islamic Center NTB yang juga menjadi ikon wisata syariah di Bumi "Seribu Masjid" juga menjadi pusat perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVI tingkat nasional.

Tunggu apalagi ayo rencanakan liburan anda ke lombok sekarang juga bersama keluarga, teman kantor, komunitas dan pasangan anda untuk berlibur ke Lombok. Tentukan objek wisata yang akan anda kunjungi dan tentukan tanggal kedatangan anda di Lombok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk pemesanan paket anda bisa menghubungi kami

Email : amitralombok@gmail.com
facebook : amitravels lombok
WhatsApp : 085237095103
Call/sms. : 082341901890
BBM. : D68152BB