Jumat, 16 Desember 2016

Kuliner Lombok Yang Harus Anda coba

Pulau Lombok adalah destinasi yang tepat sebagai referensi anda untuk menghabiskan masa liburan anda baik bersama keluarga besar, komunitas, teman kantor dan pasangan anda karena Lombok adalah surganya bagi para traveling. Selain terkenal dengan julukan pulau seribu masjid dan keindahan pantainya dan Gili Gili nya. Lombok juga memiliki banyak sekali kuliner yang wajib anda coba jika liburan ke Lombok. banyak para wisatawan baik dari dalam negri dan luar negri datang ke Lombok selain untuk menikmati keindahan alam yang ada di pulau Lombok mereka juga datang untuk mencoba kuliner yang ada di Lombok. Sebagai referensi anda yang ingin ke lombok inilah 4 kuliner khas pulau Lombok yang patut anda coba selama liburan di Lombok.

1.PELECING KANKUNG

Plecing kangkung adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Lombok. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari Cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadangkala diberi tetesan jeruk limau. sebagai pendamping Ayam taliwang, plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap.
Kangkung yang digunakan untuk masakan ini juga sangat khas, tidak seperti tanaman kangkung sayur yang misalnya lazim di Pulau Jawa, tetapi berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu, yang menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah.

2. SATE BULAYAK

Sate bulayak adalah sate khas Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang terbuat dari daging sapi berlumur bumbu khas Lombok dan disajikan bersama lontong (bulayak). Bumbu sate tersebut terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya sehingga rasanya mirip bumbu kari.

3. AYAM BAKAR TALIWANG

Ayam Taliwang adalah makanan khas Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar daging ayam. Daging ayam tersebut dibakar dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam. Makanan ini biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok yang lain, misalnya plecing kangkung.

4.SATE REMBIGE

Sate Rembiga merupakan salah satu kuliner khas Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kenikmatan sate ini sudah cukup tersohor. Hampir seluruh turis lokal maupun asing yang datang ke Lombok pasti menyempatkan diri untuk mencicipinya. Sebenarnya ada banyak penjual panganan ini di Lombok, tapi hanya beberapa yang namanya cukup dikenal. Salah satunya warung Sate Rembiga milik Ibu Sinnaseh. Setiap hari warung sate ini banyak dikunjungi wisatawan lokal, asing, hingga warga setempat. Sate Rembiga disajikan bersama lontong bulayak, yakni lontong dengan bungkus daun aren memutar ke atas sehingga di bagian ujung hampir lancip menyerupai kerucut.

sumber
*Wikipedia
*Lombok Indah Tours

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk pemesanan paket anda bisa menghubungi kami

Email : amitralombok@gmail.com
facebook : amitravels lombok
WhatsApp : 085237095103
Call/sms. : 082341901890
BBM. : D68152BB